[Men’s Fashionalism] Love Your Nation With Local Shoes!

16.26 Awaldi Rahman 89 Comments



Durasi Baca: 4-5 Menit

Assalamualaikum and Hello Fashionista!
Berbicara mengenai fashion masa kini dan dulu, tentu sudah sangat berbeda. Beberapa dari kita mungkin merasakan sendiri di mana letak perbedaannya. Misalnya, sewaktu saya masih duduk di bangku SD dulu tidak terlalu begitu mempermasalahkan hari ini akan memakai sepatu yang mana, celana bahan atau celana jeans, pakai jam tangan atau enggak. Tetapi hari ini, mungkin kita melihat anak kelas 3 SD memakai mini skirt, necklace, wedges, stiletto, dan accessoris pelengkap lainnya. Berbeda sekali. Pantas saja jika ‘fashion’ sekarang ini bisa kita sebut juga sebagai bentuk pengekspresian diri teruntuk berbagai kalangan.
Ohiya, sebelum membahas lebih dalam lagi, adakah yang bisa menerka apa itu ‘fashionalism’? Apakah sebuah niche blogger terbaru? Atau sebuah aliran fashion terbaru? Gimana kalau fashion yang berbumbu nasionalisme? Yes, that is true! When fashion meet nationalism. Hal tersebut merupakan kolaborasi antara fashion dan nasionalisme sehingga kita bisa mengekspresikan penampilan sekaligus memberikan peluang bagi produk-produk lokal agar bisa go international.
Pada tulisan kali ini, saya tidak akan memaparkan beraneka macam rupa dari fashion. Cukup satu dan benda itu adalah sepatu. Sebuah benda yang akan membuat fashion kita semakin sempurna mulai dari atas sampai bawah. Tentu  kita tidak ingin dibilang salah gaul, bukan? Sudah rapi memakai setelan jas, celana bahan, tas kerja di tangan kanan, smartphone di genggam oleh tangan kiri, lengkung jambul rambut sempurna menggoda, eh ternyata tak beralas kaki alias nyeker. Orang kantoran atau korban banjir, Pak? Hahaha. Oleh karena itu, sepatu ada agar kita bisa terlihat tampil lebih hits dan menawan lagi.
Selanjutnya, mari kita kaitkan antara fashionalism dengan sepatu. Berikut ini adalah beberapa macam sepatu yang bisa membuat kita tampil lebih kekinian dari sebelumnya. Lebih tepatnya, sepatu-sepatu keren asli Indonesia dong. Let’s check it out!

SNEAKERS SHOES
Pertama, sneakers. Sepatu kets yang sekarang lebih dikenal sebagai sneakers ini akan membuat kita terlihat semakin kekinian dan percaya diri.  Ibarat jeans, sneakers sendiri mungkin bisa dikatakan sebagai iconic footwear yang sudah menjadi bagian dari lifestyle. Sepatu ini bisa kita pakai untuk bersantai ria dan keluar sejenak dari berbagai kegiatan yang cenderung formal. Namun, sekarang ini memakai sneakers untuk bekerja pun sudah merambah di banyak perkantoran. Di Indonesia sendiri tentu banyak perusahaan yang ikut serta dalam memproduksi sneakers, salah satunya adalah Piero.
 
Salah satu produk Indonesia, Piero

LOAFERS SHOES
Sama halnya dengan sneakers, loafers shoes ini bisa dipakai ketika santai atau kegiatan semi-formal. Misalnya, menghabiskan weekend dengan berekreasi bersama keluarga atau sekadar hangout bersama teman. Cocok juga jika dipadukan dengan jeans atau celana chinos. Coba tengok produk Yongki Komaladi, pasti akan muncul beberapa pilihan dari sepatu model ini.
 
Loafers Shoes dari Yongki Komaladi
Ohiya, untuk yang kedua ini jangan dibaca ‘lafar shoes’ ya. Nanti yang terbayang malah lezatnya kue soes lagi haha. Duh jadi baper, eh laper maksudnya.

DRESS SHOES
Berbeda dengan dua macam sepatu di atas. Sepatu ini cocok apabila dipakai untuk event-event formal atau bisa juga dipakai kerja di kantor. Terlebih lagi sangat pas jika dipadupadankan dengan setelan jas dan celana bahan. Look like a men sekali kakak. Belakangan ini, banyak bermunculan dress shoes warna lain seperti coklat dan putih –meskipun tetap kebanyakan hitam. Untuk dress shoes ini masih dalam produksi yang sama dari Yongki Komaladi.
 
Untuk event formal, pakai sepatu dari Yongki Komaladi ini
Mau office look-nya terkesan lebih stylish? Langsuk aja cari sepatu formal semacam ini. Sepatu yang dibungkus dengan warna bold ini terlihat keren dan maskulin, bukan?

SPORTY SHOES
Tak bisa dipungkiri lagi kalau sekarang olahraga itu sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Pernah CFD-an (Car Free Day) di kota asal? Nah, setidaknya itu satu contoh bukti olahraga telah menjadi bagian dari gaya hidup. Setiap jenis olahraga pasti memiliki sepatu khusus. Kalau saya sendiri karena suka lari dari kenyataan, memilih produk dari League rasanya merupakan pilihan yang tepat.
 
League Neptune La M, Siap membawa kita lari sangat cepat dari kenyataan, misalnya.
Sepatu lari yang akan membuat kita semakin sporty look tak hanya di lapangan. League Neptune La M ini identik dengan sepatu yang ringan dan empuk sehingga akan terasa nyaman ketika dipakai berlari. You'll love every element of this kicks!

Jadi, itu dia beberapa macam sepatu produk Indonesia untuk pria. Karena sepatu-sepatu tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing dan bisa di mix match sesuai event yang akan dilewati, maka sesuaikan juga dengan pakaian yang kita kenakan.  Lantas setelah itu upload foto OOTD di media sosial kita agar teman-teman lain dan seluruh dunia punya referensi sepatu yang bisa membuat dirinya tampil lebih kekinian lagi.

Sebenarnya masih banyak sepatu produksi Indonesia seperti Tomkins, Specs, Eagle, New Basket, Guten inc, Chevalier, Cannes, dan masih banyak lagi pastinya. Kalau berbicara mengenai harga sendiri, kita bisa menemukan sepatu yang harganya miring dan kualitasnya pun tak bisa diragukan lagi. Foto-foto sepatu di atas boleh saya ambil langsung dari website ZALORA Indonesia. Duh, ketika saya mencari referensi foto tersebut, tergoda sekali rasanya untuk berbelanja di sana. Ada satu dua bahkan tiga sepatu yang masuk ke dalam daftar keinginan saya. “So, find your own shoes at ZALORA Indonesia!
which shoes are you?

89 komentar:

  1. hehehe inget banget pas kecil dulu ogah mikirin pakaian, kalo udah pas ya itu udah cukup. gak pakek mecingin warna atau apalah-apalah. gerakan fashionalism harus di budayakan. jangan sampai pakek baju dengan motif atau corak luar. angkat budaya-budaya bangsa indonesia. gak kalah juga loh budaya indonesia..

    btw sepatu yang sport jadi pengen beli. harga terjangkau ngak di zalora. tapi sayang mamak belom ngasih duit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terjangkau banget,,,banyak diskonnya juga...

      Hapus
    2. aje gile banget nih artikel, bikin ngiler juga.

      naga-naganya kak admin dapet bayaran dari yang di iklanin deh yah?
      minta atuh

      Hapus
    3. Mas Rudi:
      Iya ya, Mas. Ketika masih belia mah boro-boro kita memikirkan ini pas atau enggak warnanya. Duh kalau penampilan seperti ini culun enggak ya. Biar tambah kece pakai apalagi ya. Dulu mah enggak. Sekarang, ya bisa kita rasakan sendiri ya, Mas.
      Terjangkau kok, Mas. Disediakan banyak diskon dan masih banyak penawaran menarik lainnya :)

      Mas Wahab: Setuju, Mas!

      Kang Cilembu Thea:
      Jangan cuma ngiler aja, Kang. Langsung diborong produknya haha.
      Jangan atuh, Kang :D

      Hapus
  2. waahhh league ny bikin ngileeerr


    btw goodluck buat kontes nya. bw dr temen2 lain kayaknya juga banyak yg lagi ikutan konres ini nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, Mbak.
      Produk league emang gak kalah bagus juga kok sama produk dari luar Indonesia. Gak percaya? Buktikan sendiri! :D

      Ini review sih mbak bukan kontes hihihi.

      Hapus
  3. Waaa kamu nasionalis bangett uwuwuuwww

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak begitu juga sih, Kak. Eh, apa iya ya hahaha :D

      Hapus
  4. sepatu dari Yongki Komaladi keren tuh, hehe
    wah berkat postingan mu jd kepikiran buat beli sepatu produk Indonesia. entah knapa dlu ga kepikiran...

    Barusan search ternyata harga nya lumayan jg :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk mas dipilih dipilih dipilih sepatu produk Indonesianya *ngelapak di kolom komentar* :D

      Diskonnya juga oke kok :)

      Hapus
  5. Loafers Shoes itu keknya cocok dipake buat pergi nyante, hangout. Kesannya cool dan stylish gitu. Dan dikombinasiin pake celana chino, wih manteb

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Betul betul betul" Kalau kata Upin Ipin sih, Bang.
      Bisa banget dipadupadankan dengan celana semacam chino.

      Hapus
  6. wih produk sepatu indonesia engga kalah dari luar negeri nih
    cakep2 sepatunya
    saya nih kalo k toko beli sepatu kadang bingung karna banyaknya jenis sepatu
    saking bingungnya ssampe engga jadi beli
    ah mw bikin produk sepatu ah
    sepatu yg bisa dipake di kepala

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhaaaang, kok gini amat ya??? -__-

      Hapus
    2. Bang Niki:
      Awalnya sih bagus komentarnya. Tapi, setelahnya mah.
      Terserah deh bang terserah haha :D

      Hapus
  7. yap, local shoes better than yang not local. #loveyournation
    zalora emang mantep! sahabat para blogger tuh...
    kebagian sepatu yak? gue kebagian brand tas sama sepatu... uuk-uhuk :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, I agree.
      Sahabatan banget ya haha.
      Uhuk! Udah baca juga kok ke blogmu mas :D

      Hapus
  8. Ini sepatu khusus cowok ya mas? Selamat berbelanja deh :)

    BalasHapus
  9. Hmmm para sobat blogger kayaknya lagi banjir tawaran job review dari Zaloraaaa .. Kok gue nggaakkkkk ..??
    Dunia ini nggak adil !! *Lalu nyilet nadi*

    Fashion yang nationalism harusnya make kebaya/batik atau busana daerah aja bang diw .. Bisa juga pake baju veteran sambil megang bambu runcing !! Bahahahaha
    Lupakan !!

    Keren2 sepatunya tapi gue lebih suka sama sneakers atau sepatu cats warna hitam sih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rezeki mah gak kemana kok, Bang. Tunggu tanggal mainnya aja hehe :)

      Nah, itu kan fashion versi atasan tuh.
      Kalau yang aku review ini versi bawahannya, Bang Azka.
      Sama sih, terkadang lebih suka sama sepatu yang warnanya hitam gitu.

      Hapus
  10. Guten Inc denger2 bagus ya Di hihihi ayo borooong :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu gak kalah bagus dong, Kak. Ayoook :D

      Hapus
  11. Wahh ada durasi baca juga keren.

    Ini kenapa zalira ada dimana mana :( kok gue gak di email yah??? Gak adiiil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar bang sabar. Kalau rezeki gak akan kemana kok hehe.
      Terima kasih ya, Bang! :)

      Hapus
  12. Produk lokal mampu bersaing dengan produk luar negeri.

    Gue si lebih suka yg pertama bang. Keren!
    Abang yg mana? *kepo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul!
      Saya lebih prefer ke sneakers sih, Bang.

      Hapus
  13. gue suka yang league tuh, simple, elegan juga, wahai dompet ada isinya laah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa daya kalau dompet kurang mendukung mah ya.
      Padahal simpel dan elegan gitu tuh produknya. Mantaps!

      Hapus
  14. UUZ (Ujung-ujungnya Zalora) lagi :(

    Alhamdulillah, sih, banyak blogger yang dikasih job dari Zalora. Tinggal gue nih yang belum ehehe

    Gue juga pake sepatu futsal produk Indonesia, lho. Kalo nggak salah, speed termasuk produk Indonesia kan? Pernah denger doang sih

    Support produk lokal deh pokoknya! Gak usah beli Noke atau Adides... MAHAL! Wuehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin...
      Segera dapet job zalora...dan dapet vouchernya...

      Hapus
    2. Robby:
      Alhamdulillah ya rezeki anak sholeh hehehe.

      Mungkin, Rob. Baru denger juga sih itu. Soalnya kebiasaan kalau main futsal itu nyeker atau sepatunya boleh minjam dari temen haha. Gak modal ya.

      Support!

      Mas Wahab:
      Aamiin. Semoga saya dapat lagi :D

      Hapus
  15. Gue lagi ngebet Mas banget sama sepatu D'island yang ada dijual ZALORA...

    BalasHapus
  16. wah dapat job dari zalora ttg sepatu juga toh? sama :D
    saya baru tau ada istilah fashionalism. kreatrif banget bisa tampil keren pakai produk2 indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama ya. Tos!
      Produk Indonesia juga gak kalah keren kan ya, Mas :)

      Hapus
  17. Kualitas keren dan harga lumayan. Asoy. Kalo di pake pas ketemu gebetan pasti lebih cool deh kelaiatannya~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan cool aja tapi cool banget hahaha :D

      Hapus
  18. Oke. hari ini entah sudah berapa kali aku sudah membaca postingan tentang zalora. Hahahha.

    Kalau aku sih, lebih suka menggunakan sepatu sneakers, sama loafer. Tapi lebih sering ke loafer sih. Soalnya dia bisa di bawa kemana aja. Ke acara-acara biasa, oke. Ke acara yang kesanya agak sedikit formal juga oke.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zalora sahabat blogger ya hihi :D

      Emang cocok sih loafer dipakai untuk acara semi formal. Dipadupadankan tidak dengan celana bahan pun juga masuk aja menurutku. *ceritanya pengamat fashion gitu*

      Hapus
  19. Wkwkwk, kalo ngomongin sepatu, aku gak punya sepatu khusus. Cuma 2. Satunya khusus buat jalan jauh (sepatu olahraga), satunya lagi sepatu batik buat acara tertentu (dari kain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sudah bisa dipakai pada acara non-formal sama semi-formal bahkan formal kok, Mbak :)

      Hapus
  20. Sepatu formal dari Yongki Komaladi emang nggak nahan banget desainnya, tapi sayang sih makin ke sini kualitasnya jadi agak menurun. Lebih nggak awet gitu.. Nggak cuma itu doang sih, merk lokal lain dari Cibaduyut juga sama, terlebih buat sepatu boots. Padahal sepatu boots kakekku yang dari puluhan tahun lalu sampe sekarang masih mulus.. haha XD

    Eh tapi kalo Piero itu emang beneran merk lokal atau produksinya doang yang di sini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga mereka bisa menjaga citra akan kualitas produknya sendiri ya, Mbak.
      Merk lokal kok mbak kalau tidak salah.

      Hapus
  21. Semuanya sepatu buat cowok. Eh tapi gambar pertama kayaknya bisa dipake sama cewek. Piero. Huhuhah

    Produk Indonesia gak kalah keren sama produk luar, harus bangga! Anyway banyak juga ya blogger yang dapet job review dari Zalora, Alhamdulillah. Hidup Zaloraaa *krik krik*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bisa. Sneakers mah masuk juga kok ke cewek hehe.

      Aku sih cukup bangga! :)
      Hidup Zalora! :D

      Hapus
  22. Aciyeee dapet Voucher.. "Bagi dong..." XD

    Kalo gue sih, lebi suka pake SNEAKERS SHOES sama DRESS SHOES, entah kenapa dua jenis itu ngerasa cocok dengan suasana masing-masing. Lagian, kalo menurut gue, sepatu menunjukkan kalo kita pengen tampil baik di depan orang lain. Lagian kalo make sepatu itu, rapi aja rasanya. :)

    Zalora emang keren. Sepatunya juga keren2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, gak rela bagi-bagi nih hahaha.

      Terkesan lebih rapi dan cool gimana gitu ya, Pangeran. Yap, kedua sepatu itu bisa ditempatkan pada tempatnya masing-masing pastinya dong. Jangan ketuker hihi.

      Keren banget! Trust me! :D

      Hapus
  23. Wah job review ya, selamat yaaa
    btw emg sepatu itu membbuat penampilan diri ini jadi lebih menarik di tambah lagi kalau sepatunya adalah buatan indonesia
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap. Buat sempurna penampilan dari atas sampai bawah ya hehe.
      Terima kasih, Mas!

      Hapus
  24. Aku pikir sneakers sama sporty shoes sama, ternyata beda ya. Nambah inpoh baru, tararengkyu yah

    BalasHapus
  25. Pada zaman sekarang ini yang namanya sepatu itu harus dan kayaknya emang harus di miliki karena sepatu bagian dari fashion untuk melengkapi style kita udah bener-bener matching.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dan setuju deh sama mbak hehehe :)

      Hapus
  26. kalo gak sneakers. sport shoes yang cakeplah. fufu.

    BalasHapus
  27. Aciyeeee revieew cieee, dapet vocher belanja cieee :p

    Btw, gue sekarang masih seneng pake sepatu running sama sneaker kalau buat ngampus sama hangout kemana-kemana. Nyaman di kaki gue. Enteng. Sama menarik juga, biar keceh walaupun hangoutnya cuma di indomaret doang.

    Wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciye alhamdulillah banget nih ciye haha.
      Sama! Tosss! :D

      Hapus
  28. Baru tau mas, hehee... Yg selama ini saya kira pantofel trnyata namanya dress shoes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dress shoes itu hanya berupa pengelompokkan sepatu-sepatu formal saja kok mbak maksudnya hehe :)

      Hapus
  29. Kalo aku sih paling doyan pake sneaker dari SMP dan kesannya ga mau give up gitu dari jenis sepatu yang satu ini. Btw aku baru tau kalo sepatu pantofel itu sebutannya Dress Shoes. Lucu aja gitu namanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, saya baru mengenal sneakers ketika SMA hahaha :D
      Dress shoes ini hanya pengelompokkan saja kok, Mbak.

      Hapus
  30. Baru tahu juga sama dress shoes :v
    Ah, jadi Mupeng sama sepatu olahraganya itu.

    BalasHapus
  31. saya suka dengan karya yongki komaladi .

    BalasHapus
  32. Kalau sepatu sih aku jujur aja masih suka sepatu luar :' tapi Specs sama League masih bisa diperhitungkan kok. Bagus juga mereka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, memang bagus juga sih dua itu bang! :D

      Hapus
  33. Wa'alaikum salam wr wb.

    Begitulah perbedaan generasi. Dulu waktu SD jarang mikirin mix match pakaian dan aksesoris, kalo sekarang melek fashion udah gencar bahkan untuk kalangan anak SD.

    "When fashion meet nationalism" --> keren ini. Iya, sepatu itu seolah ngelengkapin apa yang udah kita kenakan dari atas. Itu sneaker shoes-nya keren, untuk keluar sejenak dari kesan formal hehe (untuk urusan formal kantor, gua masih terikat dengan peraturan tidak tertulis tentang penggunaan dress shoes *baru tahu istilah sepatu ini hehe*). At least sneaker shoes-nya bisa dipake di acara informal :p

    Mari dukung produk lokal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa terlihat juga sih ya mas.
      Sneakers mah bisa kok dipakai ke acara informal.
      Wah kantornya mengharuskan memakai pantofel ya mas hihi.
      Terima kasih ya.
      Dukung!

      Hapus
  34. Yang terbukti udah go internasional ya swallow 😁😁.
    Etapi itu sneakersnya mmm.... Mayan. #Elusjanggut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha swallow itu mendunia ya.
      Laper? Sneakers aja (?) :D

      Hapus
  35. Iya juga ya duu waktu kecil bajunya masih dipilihin sih, jadi gak tau mau milih mana yang pas.

    Wah keren juga nih tulisannya, jadi kita tetap bisa nasionalis walau lagi lagi fashion-fashionan (?) Kalau gak salah masih ada banyak kok sepatu buatan lokal, cuma aku gak tau nama merknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, setuju. Lebih tepatnya lagi masih dipilihin karena belum mengerti apa-apa haha.
      Iyap. Masih banyak kok brand lokal yang berani diajak bersaing dengan brand luar :)
      Terima kasih pujiannya!

      Hapus
  36. Waaah karena gue sukanya yang praktis dan gak ribet jadinya lebih suka pake sneaker hheheh <( ̄︶ ̄)>


    Selamaaat yaah dapet job riview heheh
    Asiiik bisa buat beli sepatu baru nih vocernya hhihhi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Tosss!
      Hihihi terima kasih kakak :D

      Hapus
  37. Semua produk dari Zalora memang oke punya
    duh sepatunya bikin mupeng,pengin beliin utk suami hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, rekomendasi banget deh mbak :)

      Hapus
  38. Saiiik tetep ya cinta Indonesia.
    btw, gua suka model sepatu cowok, bukan lain dan tidak bukan karna gua jarang muat kalo pake sepatu cewek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohiya dong :D
      Waduh bisa gitu ya hahaha.

      Hapus
  39. ia waktu kecil mah apa aja di pake yang penting pas

    sepatu sportnya bagus, jadi kepengen beli,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih ke arah manut sama apa yang dipilihin orang tua saat itu ya.
      Beli aja, Bang :D

      Hapus
  40. sepatu2 dalem negri gak kalah keren euy,,,

    BalasHapus
  41. ternyata Piero sepatu lokal toh..kirain dari luar

    BalasHapus
  42. sneekers, loafers sama sporty cocok juga tuh buat perempuan hihihi

    BalasHapus