Tips Hidup Sehat di Musim Hujan

23.22 Awaldi Rahman 24 Comments

Iklim di Indonesia memasuki musim hujan terhitung semenjak bulan September 2016. Cuaca menjadi sedemikian tidak menentu dalam waktu sekejap. Mulanya panas menyengat, beberapa waktu kemudian hujan mengguyur. Mungkin bukan saya saja yang merasakan, tetapi sahabat pembaca sekalian mungkin juga merasakan yang sama. Ciye perasaan yang sama (?)
Entah di daerah rumah saya di bilangan Jakarta Selatan, sampai kosan saya di Jatinangor, cuacanya kian tak menentu. Kalau sudah begitu, hal yang paling penting kita perhatikan adalah kesehatan.
Musim hujan menyebabkan perkembangan kuman dan virus yang lebih cepat daripada biasanya. Sehingga mengharuskan tubuh kita beradaptasi dengan keadaan tersebut, baik dari segi suhu maupun kelembapan udaranya. Jika tidak, maka jangan menyesal jika kesehatan kita terganggu dalam beberapa hari kemudian.
Seperti kata orang bijak, “mencegah lebih baik daripada mengobati.” Pun saya sependapat dengan kutipan bijak tersebut. Lebih baik mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan daripada menyesal kemudian, bukan? Oleh karena itu, menjaga kesehatan teramat penting bagi kita.
Lalu, bagaimana solusi menjaga kesehatan di musim hujan seperti saat ini? Berikut ini akan saya bagikan 6 tips hidup sehat di musim hujan. Mari disimak yuk, guys!

1.  Makan dan Minum Teratur.
Selama musim hujan, tubuh kita tentu butuh lebih banyak asupan daripada biasanya. Sebab, tubuh kita membutuhkan imun yang kebal untuk menangkal kuman dan virus yang hendak menyerang. Agar hal itu tidak terjadi, maka makanlah makanan yang bergizi secara teratur. Atur pula pola makannya supaya tidak berantakan.
Kalau cuma makan tapi enggak minum, keselek toh? Hehehe. Oleh karena itu, jangan lupa minum air putih setelahnya. Bahkan, tidak hanya setelah makan saja. Para pakar kesehatan menyarankan agar kita mengkonsumsi air putih sampai dengan 8 gelas per harinya. Gunanya, agar cairan yang ada dalam tubuh kita tetap seimbang selama musim penghujan berlangsung.

2.  Olahraga Tetap Jalan.
Musim hujan bukan sebuah penghalang bagi kita untuk tetap beraktivitas, terutama olahraga. Tidak ada alasan selama musim hujan menjadikan kita tidak berolahraga. Terlepas dari olahraga outdoor, masih terdapat banyak olahraga indoor yang bisa kita lakukan seperti yoga, senam, aerobik, fitnes, bahkan futsal pun masih bisa dilakukan di tempat indoor, betul?
Saya sendiri biasanya mengunduh aplikasi work out di ponsel pintar pribadi. Alasannya, banyak cara agar tetap hidup sehat meski musim hujan atau males gerak (mager) keluar sekalipun. Terkadang, kalau cuaca mendukung saya niatkan untuk sekadar jogging kecil berkeliling Unpad.

3.  Istirahat Secukupnya.
Satu hal yang perlu diingat bahwa tubuh kita ini bukan robot. Kita tidak bisa terus memaksakan tubuh ini untuk terus bekerja. Setiap lekuk, sendi, dan semua pergelangannya memiliki hak untuk istirahat.
Tubuh kita dianjurkan beristirahat minimal 6 sampai 8 jam per harinya. Itu pun harus berkualitas supaya setelahnya tubuh kita kembali menjadi bugar seperti sedia kala. Namun jangan sampai berlebihan juga dalam istirahat, karena itu pun tidak baik untuk tubuh kita. Seimbangkan olahraga dengan istirahat yang cukup itu lebih baik.

4.  Jaga Kebersihan Lingkungan Sekitar.
Poin ini juga termasuk penting, karena agama mengajarkan kepada kita bahwa kebersihan itu sebagian dari iman, bukan? Nah, acapkali kuman atau virus menempati tempat-tempat yang lembap. Terkhusus bagi kita yang hanya tinggal di sepetak kamar kosan haha. Kalau sudah lembap, jangan mengeluh lagi jika nantinya kamar kita bau, sesak, dan kotor.
Oleh karena itu, perhatikan juga kebersihan kamar kita. Jangan biarkan barang-barang tergeletak di mana-mana begitu saja, kasur tidak dipasang sprei, dan banyak baju bergantungan. Jika semua itu sudah dihindari, maka terciptalah kamar yang nyaman untuk belajar, bahkan sekadar bersantai-santai.

5.  Pakai Asuransi Kesehatan.
Ada satu hal yang menarik, ketika saya menghadiri Seminar Indonesia Outlook Economy 2017 yang diselenggarakan oleh Koran Sindo, di Pullman Hotel, Jakarta, pada 31 Januari lalu. Berbagai sektor industri hingga regulasi di bidang ekonomi cukup optimis akan perekonomian di tahun 2017 ini. Namun, tetap ada catatan tertentu jika memang hal tersebut benar-benar terwujud.
Salah satunya dari BPJS Ketenagakerjaan, untuk sumbangsih dalam memajukan perekonomian. BPJS membutuhkan lebih banyak lagi angkatan mudah yang daftar asuransi BPJS Ketenagakerjaan.
Sama halnya dengan ketenagakerjaan, asuransi pun dibutuhkan dalam sektor kesehatan guna jaminan jika sewaktu-waktu kita membutuhkan pengobatan yang mengeluarkan biaya besar. Banyak asuransi yang menawarkan jaminan tersebut seperti BPJS Kesehatan dan asuransi swasta lainnya. Dengan begitu, kita sudah turut andil dalam membantu perekonomian Indonesia loh.

6.    Sedia Payung atau Ponco Sebelum Hujan.
Paling terakhir ini tidak kalah pentingnya dengan poin-poin sebelumnya. Siapa yang tahu akan cuaca pada hari tersebut? Oleh karena itu, lebih baik sedia payung sebelum hujan. Sebab, payung tentu menjadi teman setia ketika hujan turun. Tentu kita tidak mau dong harus berlama-lama meneduh? So, kalau hendak bepergian di musim hujan, jangan lupa bawa payung ya, guys!

Demikian 6 tips yang bisa membantu kita untuk tetap sehat di tahun 2017 ini. Pastinya enggak mau kan produktivitas di tahun ini menurun hanya karena tubuh kurang fit dan terjaga. Jadi, yuk sedini mungkin tanamkan pola hidup sehat setiap harinya. Sayangi diri sendiri mulai kini hingga nanti :)


24 komentar:

  1. bagus tips ini. Sekarang kebetulan lagi musim hujan di tempat saya.

    BalasHapus
  2. Sama, di jakarta juga lagi musim hujan, tapi kan enggak bisa dijadiin buat berhenti olahraga, hehe. Because exercise will makes our body become healthy, right?

    BalasHapus
  3. memang harus pinter2 jaga kesehatan tubuh ya mas di musim hujan gini

    BalasHapus
  4. Kayaknya gue aneh nih. Nama Yoga, tapi kurang suka olahraga yoga. Bahaha.


    Lagi kacau banget nih cuacanya. Bikin sakit. Kudu banyakin multivitamin. Ehe.

    Iya, penting banget bawa jas hujan atau payung di musim hujan begini. Jangan sampai kayak gue yang kehujanan terus novelnya basah karena gak sempet neduh dan sedia payung/jas hujan. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkw gue suka banget yoga. Tapi gak suka yoga akbar... gak cinta maksudnya bahahaha

      Hapus
  5. kalau olahraga, istirahat, makan saya suka. tapi kalau yang lain saya suka lupa wkwkwkw

    BalasHapus
  6. Abis makan minum susu dund
    Kan air putih
    Tapi kalo di toko, susunya abis gimana?
    Kan disuruh minum air putih
    .
    Berarti kalo lagi ujan boleh maen sepakbola y di lapangan sambil ujan2an
    Kan sepakbola itu olahraga
    .
    Oh istirahat 6 sampe 8 jam toh
    Tapi kok saya pas maen sepakbola istirahat nya cuma 15 menit
    Wah ga baik itu istirahat 15 menit
    Harusnya 6 jam
    .
    Kalo jaga kebersihan lingkungannya itu sambil nyewa satpam bisa ga?
    Ya kayak jaga komplek gitu
    .

    BalasHapus
  7. Kesehatan harus dijaga dengan baik agar tubuh tetap sehat sepanjang waktu. Terima kasih sudah mengingatkan melalui tips ini.

    BalasHapus
  8. Hidup perlu sehat dan menjaga fola makanan untuk tubuh sangat diharuskan. πŸ˜€

    BalasHapus
  9. Hidup perlu sehat dan menjaga fola makanan untuk tubuh sangat diharuskan. πŸ˜€

    BalasHapus
  10. ujan2 suka khilaf makan gorengan dan teh anget, tenggorokan jadi ga enak.... susah maem teratur karena dingin bawaannya baper eh laper

    BalasHapus
  11. iya nih sekarang lagi musim hujan. cucian numpuk.
    alhamdulillah sejauh ini bisa untuk hidup sehat. eh tapi... istirahatku.... hm, cukup lah cukup.

    dan aku juga sudah pakai BPJS TK sana KS hehe

    BalasHapus
  12. Hihih aku mah klau musim hujan begini. Gak lupa minum vitamin, se sendok madu tiap pagi, dan teh anget di sore hari..

    Btw kamu ke pullman kapan?
    Kosan ku sebrang situ hahaha

    Pullman CP bukan si ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, vitamin ini yang jangan sampai kelawatan ya, Kak.
      Lumayan, tambah-tambah stamina lah ya.

      Itu pas akhir Januari lalu, Kak.
      Di seberang Pullman Hotel yang deket Bundaran HI itu?

      Hapus
    2. Oooh beda beda. Aku kira pullman yang ada di central park wkwk *salah salah maapkan

      Hapus
  13. aku jarang olaharaga nih kalo musim hujan, ma to the les hehe

    BalasHapus
  14. Oh iya, badan juga harus tetep fit, bang. Soalnya sering banget kaos kaki jadi basah dan bau. :(

    Kata temen, cuaca lagi bagus-bagusnya ngetes kebugaran. Lari sambil ujan-ujanan. Nanti diliat hasilnya setelah lari: sakit atau nggak. Sinting emang tips-nya. :')

    BalasHapus
  15. kayaknya bang Niki menjawab tips nomer 6 deh dengan postingan tentang "Tips keluar saat hujan tapi tidak punya payung",

    aku lebih rentan sakit gara-gara gorengan, dari pada gara-gara ujan.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Olahraga ini nih yang kadang suka niat malam hari besoknya cuma jadi wacana huhu

    BalasHapus
  18. terkadang musim hujan itu bikin pingin makan yang banyak, jarang bergerak, malas olah raga dan kalau pingin pulang tetep nerobos hujan tanpa mantel atau ponco, itu yang perlu dihindari ya,

    BalasHapus