#MoneySmartMenginspirasi, Konten Edukatif Literasi Keuangan Masa Kini

23.45 Awaldi Rahman 6 Comments


Durasi Baca: 4-5 Menit
“Aw, lulus sarjana nanti mending kerja dulu atau S2 dulu, ya? Apa bisnis aja?”
“Gua mau bisnis tapi bingung, bisnis apa. Lu ada saran gak, Aw?”
“Aku butuh pemasukan tambahan nih. Baiknya, kerja sampingan apa ya?”
“Gimana mau nabung? Buat kebutuhan sehari-hari saja pas-pasan, Bro!”
“Kak, gimana sih caranya nabung saham?”
Gimana? Tentu teman-teman tidak asing mendengar pertanyaan di atas, bukan? Atau bahkan, seringkali diri sendiri yang malah merasakannya? Hayo, Ngaku! Hehehe. Kiranya, itulah sedikit banyak percakapan yang menjadi trending pada masa-masa ‘quarter life crisis’ di kalangan anak muda seumuran saya ini. Terbayang-bayang seperti apa gambaran masa depan mereka. Terlebih dengan kekhawatiran akan kondisi keuangannya.
Ditambah lagi, hari ini arus informasi begitu deras disebabkan kemajuan industri teknologi yang semakin pesat. Saya tanya, di zaman now ini apa sih yang gak berbau digital? Belanja kebutuhan bisa melalui online shop. Beli tiket perjalanan hanya tinggal booking melalui aplikasi. Baca berita? Kini sudah semakin banyak media cetak yang menyediakan fasilitas e-paper bagi pelanggannya. Mencari informasi kian lebih mudah dibantu dengan adanya internet sekarang ini, termasuk informasi seputar literasi keuangan.
Nah, lebih kurang setahun #MoneySmartMenginspirasi, memberikan warna dan alternatif baru dalam halnya memberikan pencerdasan kepada generasi muda khususnya milenial dalam mengelola keuangan dengan bijak. Berdiri sebagai bisnis media online di Indonesia, Money Smart diharapakan dapat menjadi pedoman maupun pencerahan bagi anak muda dalam menyikapi literasi keuangan.
Cara mengakses Money Smart mudah sekali! Kita hanya tinggal mengaksesnya di alamat https://www.moneysmart.id/ pada android atau gadget kesayangan kita. Gak boros kuota, kok! Setelah itu, terdapat ragam pilihan menu yang bisa kita eksplorasi. Gak usah khawatir, semua tulisannya dijamin menginspirasi. Favorit saya sendiri sejauh ini adalah menu Earn Money dan Smart Money. Selain banyak rekomendasi untuk mendapatkan active income, dibagikan pula bagaimana agar kita menghasilkan passive income melalui investasi seperti yang belakangan sedang saya coba lakukan.
Pertengahan Juli 2018 lalu, saya membulatkan tekad untuk membuat rekening investasi saham syariah di salah satu sekuritas kenamaan Jakarta. Bukan tanpa tujuan, investasi di sini dilakukan sebagai bentuk upaya mempersiapkan keuangan masa depan sedini mungkin. Namun, jika investasi ini tidak disertai dengan pemahaman yang matang, saham syariah pun bisa membuatmu rugi. Oleh karena itu, keinginan belajar saya ditambah lagi dengan membaca atau memperhatikan berita terkait perusahaan tercatat di bursa, mengikuti forum-forum diskusi baik secara offline maupun online, hingga membaca platform Money Smart ini.
Misalnya saja salah satu tulisan yang berjudul ‘Dijamin Paham, Ini 6 Cara Bermain Saham yang Pas Buat Investor Pemula.’ Lebih jelasnya, teman-teman bisa temukan di menu Smart Money, lalu pilih sub-menu Investasi. Sedikit banyak, tulisan ini memberikan tips sederhana namun aplikatif untuk diterapkan. Di antaranya sebagai berikut, (1) Pilih sekuritas dengan biaya transaksi kecil, (2) Jangan pelit tapi jangan kebablasan juga, (3) Pilih saham di indeks LQ45 atau IDX30, (4) Beli saham consumer goods, (5) Kalau rugi, lakukan averaging down, dan (6) Tips investasi saham jangka pendek dan jangka panjang.
Berkat memiliki panduan asyik berinvestasi dan bisa diakses dalam genggaman, secara tidak langsung saya jadi semakin termotivasi untuk menerapkan sedikit banyak ilmu soal literasi keuangan. Misal, saya jadi lebih memilih menunda pembelian sebuah barang jika itu hanya untuk memenuhi kepuasan konsumtif saja, saya jadi ingat untuk investasi buat masa depan, saya jadi ingat agar uang harus dikelola sebaik mungkin, dan seterusnya. Tapi, rasanya masih kurang kalau hanya baca-baca di website Money Smart doang deh. Biar gak ketinggalan info lainnya, bisa juga teman-teman like fanpage Facebook-nya, follow akun Twitter-nya, dan follow juga akun Instagram dari Money Smart. Saya sampai bolak-balik stalkingnya, siapa suruh kontennya edukatif dan inspiratif! Banyak banget tips yang bermanfaat dan disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami tentunya.
So, saya setuju banget jika disebutkan bahwa Money Smart merupakan media online inspiratif guna mendukung hari esok yang lebih sejahtera. Melalui media online ini, kita berkesempatan menggali informasi sebanyak-banyaknya dari mereka-mereka yang bergelut di dunia keuangan. Bahkan tidak sedikit penulisnya merupakan pakar keuangan. Teman-teman yang punya gadget, jangan sampai ketinggalan untuk baca dan ikuti terus informasi dari Money Smart. Memang benar-benar, smart! Waaah, senang sekali teknologi digital semakin memudahkan kita dalam berbagai hal. Yuk, dimanfaatkan sebaik mungkin, ya! Gak bakal nyesel, deh! :)
-o-0-o-
“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog #MoneySmartMenginspirasi yang diselenggarakan oleh Money Smart”

6 komentar:

  1. Wah bener banget tuh ya. Saya sering sekali mendengar pernyataan itu kak. Terima kasih informasinya, sangat memabantu

    BalasHapus
  2. Great blog. Thank you Muhammad Awaldi Rahman for sharing it.
    Asmi recent posted
    Types of graphic design

    BalasHapus
  3. alternatif keuangan masa depan

    BalasHapus